Sulawesi

Warna Warni Sulawesi

MANADO, TEMPAT LIDAH BISA BERDANSA

Selain sebagai tempat untuk memanjakan mata menyaksikan keindahan alam, Manado juga merupakan surga bagi Anda pecinta kuliner. Tidak hanya tinutuan yang dapat Anda nikmati di Kota Tinutuan ini tetapi juga es Tjie Mei dan tude bakar yang telah terkenal hingga keluar Sulawesi.

 

TINUTUAN

Tak lengkap rasanya bila berwisata ke Manado tanpa mencicipi tinutuan atau yang lebih terkenal dengan bubur Manado. Dijuluki sebagai Kota Tinutuan, Manado memiliki cita rasa tinutuan yang pastinya hanya akan Anda dapatkan di kota ini. Makanan yang menjadi ciri khas Manado ini dapat dengan mudah Anda temui di jalan Wakeke dekat Hotel Minahasa. Para penjual tinutuan di jalan Wakeke ini hanya menjual hingga jam sepuluh pagi saja. Tinutuan di daerah ini memang dirancang untuk santapan  pagi sebelum Anda pergi beraktivitas.

Jika Anda ingin menjadikan tinutuan sebagai makan siang atau makan malam, maka mampirlah ke rumah makan Es Tjie Mei di jalan Sudirman 104. Di rumah makan yang tidak pernah menggunakan papan nama ini, Anda tidak hanya disajikan tinutuan yang komplit tetapi juga sehat dimana seluruh bahan yang digunakan adalah bahan alami tanpa pengawet.

Yang istimewa dari rumah makan ini adalah bakasang (terasi) yang digunakan sebagai campuran sambalnya tidak akan membuat siapapun merasa gatal sekalipun bagi Anda yang alergi dengan ikan teri dan udang. Jadi tunggu apalagi, cobalah sesegera mungkion sesampainya Anda di Manado.

 

ES TJIE MEI

Jika bertanya tentang es apa yang paling digemari oleh warga Kota Manado, jawabannya pasti hanya satu yakni es tjie mei. Makanan dingin ini lebih dikenal dengan Es TM. Es ini terdiri dari campuran brenebon (kacang merah), durian, alvokat dan susu coklat ini menjadi favorit masyarakat Manado. Es TM ini sangat cocok dinikmati bagi Anda yang senang dengan sensasi manis yang ditmbulkannya.

Perpaduan antara brenebon dan susu coklat sangat nikmat disantap sesaat setelah lidah Anda menyentuh tinutuan. Rasa manis yang ditimbulkannya pun tidak akan membuat Anda merasa haus karena rasa manisnya tidak berasal dari pemanis buatan melainkan dari susu coklat dan gula pasir yang telah dikaramelkan.

 

TUDE BAKAR

Sebagai daerah yang berada di pesisir laut, Manado terkenal sebagai tempat istimewa bagi pecinta seafood. Sensasi rasa seafood yang ditawarkan sangat berbeda denan di daerah lain. Keistimewaan rasa ini akan Anda dapat di makanan Tude Bakar. Tude adalah ikan khas Manado yang memiliki struktur daging yang lembut dan berwarna putih, jika dipanggang akan menimbulkan aroma yang pastinya akan menggugah selera Anda.

Di jalan Pierre Tendean depan Mega Mal yang merupakan pusat bisnis di Manado, terdapat jejeran rumah makan yang menawarkan tude bakar. Tidakl hanya tude bakar, rumah makan inipun menjual berbagai macam seafood, seperti baronang, udang dan cumi-cumi. Masakan ini terkenal hingga ke seantero Nusantara. Dengan harga sekitar Rp. 17.000, Anda bisa menikmati dua ekor tude bakar yang lengkap dengan sambal, sepiring nasi dan sayur cah kangkung. Merupakan perpaduan yang sempurna untuk mengisi perut Anda setelah seharian mengelilingi Kota Manado.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: