Sulawesi

Warna Warni Sulawesi

Pesona Wisata Propinsi Sulawesi Tengah

Tanjung Karang
adri boka02

adri boka05

Pantai Tanjung Karang terdapat di Kabupaten Donggala, 34 km dari Kota Palu, dapat ditempuh dengan mobil. Sepanjang perjalanan ke Tanjung Karang, kita dapat menyaksikan birunya air laut, pasir putih dan indahnya pemandangan pegunungan. Pantai ini juga memiliki pemandangan alam bawah laut yang dikagumi para wisatawan karena dihuni oleh ikan-ikan endemik dan terumbu karang yang berwarna –warni. Anda dapat menikmatinya dengan menyelam pada siang dan malam hari.

Patung Megalith

adri boka06

adri boka07

adri boka08

Patung-patung megalith yang usianya sudah ratusan bahkan ribuan tahun tersebar di kawasan Taman Nasional Lore Lindu seperti di lembah Napu, Besoa dan Bada. Patung-patung ini sebagai monumen batu terbaik diantara patung-patung sejenis di Indonesia.

Air Luncur Sulewana

adri boka09

adri boka10
Sumber air luncur Sulewana berasal dari danau Poso. Jaraknya 15 km dari Kota Tentena atau 42 km dari Kota Poso, dapat ditempuh dengan mobil.

Air luncur Sulewana terkenal karena alirannya sangat deras dapat didengar pada jarak 500 m. Berdasarkan penelitian bahwa air luncur Sulewana dapat dijadikan sumber pembangkit listrik dengan daya yang dihasilkan mencapai 800 megawatt dan dapat melayani kebutuhan energi listrik untuk seluruh pulau Sulawesi.

Taman Laut Togian

adri boka01

adri boka03

adri boka04

Kepulauan Togian terletak di Kabupaten Tojo Unauna, perjalanan menuju ke sana dapat ditempuh  6 jam dari Kota Palu dan dilanjutkan dengan motor laut  4 jam.

Obyek wisata eksotik ini merupakan salah satu unggulan obyek wisata di Sulawesi Tengah karena memiliki keindahan tiada tara.

Alam bawah laut Togian merupakan sorga bagi wisatawan dimana dihuni coral tropis dalam ukuran jumbo serta berbagai jenis ikan termasuk ikan hias.

Memancing, berlayar, berenang dan menyelam dapat dilakukan setiap saat. Terdapat pula sederetan pulau-pulau kecil dan besar berhutan lebat yang dihuni Babi Rusa, Tangkasi dan Monyet Togian. Pulau-pulaunya juga memiliki Pantai Pasir Putih dan sejumlah cottage.

_____________________

 

Sumber Majalah Kemilau Sulawesi Agustus 2008

Fotografer Adri Boka.

 

Single Post Navigation

One thought on “Pesona Wisata Propinsi Sulawesi Tengah

  1. artikel nya menarik om,,
    apalagi tentang wisata di sulawesi tengah..

    kemarin juga kami sempat berkunjung ke Togean bersama rekan komunitas instagram #Gorontalo ..

    mampir ke blog kita yahhh🙂
    http://igorontalo.wordpress.com/

    terima kasih😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: