Sulawesi

Warna Warni Sulawesi

Master Service Award 2011

Logo Master Service Award 2011

Kepuasan pelanggan telah menjadi tititk kritis bagi perusahaan untuk dapat mempertahankan  kepemimpinannya di pasar.Bahkan seiring dengan perkembangan dunia service di Indonesia, kini para penyedia jasa dituntut tidak hanya sekedar memberikan layanan yang sesuai dengan ekspektasi konsumen namun telah menjadi beyond expectation dari para konsumen.

Majalah Makassar Terkini sebagai majalah berita komunitas kota Makassar yang fokus utamanya adalah bisnis, kembali menyelenggarakan penghargaan di bidang pelayanan “Master Service Award” (MSA 2011).

Master Service Award 2011 merupakan penganugerahan untuk pelayanan sebuah perusahaan  yang merupakan hasil kerjasama antara Majalah Makassar Terkini dengan Makassar Research, sebuah lembaga riset sosial dan pemasaran yang cukup terkemuka di kota Makassar. Survei ini dilakukan didaerah Makassar dengan melibatkan 1000 orang responden.Metodologi pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara langsung (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data.

Metodologi Penelitian

Penelitian ini merupakan penelitian descriptive yang dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang prima. Penelitian ini untuk mengetahui beberapa aspek pelayanan, diantaranya adalah berdasarkan bentuk karakteristik fisik tempat penyedia pelayanan (tangible), kecepatan dan ketepatan proses pelayanan (process), kualitas staf yang berinteraksi dengan pelanggan (people). Ketiga parameter ini digunakan untuk menentukan nilai/index terhadap sebuah pelayanan, melalui menghitung nilai rata-rata pelayanan perusahaan terhadap nilai rata-rata dari keseluruhan industri dari tiap kategori. Nilai parameter ini kami namakan Master Service Index.

 

Kriteria Master Service Award 2011

Untuk mendapatkan Master Service Award 2011 maka Makassar Research menetapkan beberapa kriteria:

  1. Perusahaan-perusahaan  yang memperoleh Master Service Index di atas nilai rata-rata industri kategorinya, dan
  2. Perusahaan-perusahaan  yang menurut hasil riset berada pada urutan 3 (tiga) teratas dalam kategorinya.

Survei Master Service  Award 2011

Survei Master Service Award 2011 dilakukan di dalam wilayah kota Makassar, melibatkan 1000 responden yang bermukim di kota Makassar. Metode sampling yang digunakan adalah dengan Multistage Random Sampling.Kriteria yang ditetapkan untuk responden adalah: penduduk tetap kota Makassar atau penduduk yang telah bermukim di kota Makassar lebih dari 12 bulan (1 tahun), gender pria atau wanita dengan usia antara 20 hingga 55, dengan tingkat social economic status (SES) antara SES E minimal pengeluaran Rp750 ribu per bulan hingga SES A lebihdari Rp3,5 juta per bulan.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: