Sulawesi

Warna Warni Sulawesi

Master Brand 2011

Master Brand 2011 Overview,Merek adalah salah satu aset perusahaan yang paling penting. Lebih dari sekadar identitas, merek dapat membentuk value/nilai sebuah perusahaan hingga puluhan kali lipat dari nilai buku perusahaan. Merek juga dapat menciptakan loyalitas jangka panjang. Merek yang paling berpengaruh atau menjadi “Master” adalah merek yang memiliki nilai tertinggi dari 5 parameter yang menjadi Master Brand Index.

 

Majalah MAKASSAR TERKINI menemukan fakta perkembangan bisnis di kota Makassar sudah demikian pesat dalam waktu 10 tahun ini. Ditengah ketatnya persaingan merek dan bisnis, timbul kebutuhan akan informasi mengenai merek yang dianggap paling terpercaya dalam dalam benak konsumen. Sehubungan dengan fakta tersebut, Majalah MAKASSAR TERKINI menggagas Master Brand Award, sebagai sebuah penghargaan yang diberikan kepada merek-merek yang telah sukses membangun dan mempertahankan ekuitasnya.

 

Master Brand Award adalah penganugerahan tertinggi untuk sebuah merek yang diberikan oleh Majalah MAKASSAR TERKINI berdasarkan dari hasil Lembaga Riset Independen “MAKASSAR RESEARCH” yang melibatkan 1000 responden penduduk asli di daerah Makassar. Metodologi pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara langsung (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner dalam proses pengumpulan data.

 

Metodologi Penelitian

Penelitian ini merupakan penelitian descriptive yang dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi merek yang kuat. Penelitian ini untuk mengetahui beberapa aspek merek, diantaranya adalah merek yang paling di ingat (awareness), merek yang terakhir dipakai (market share), kepuasan terhadap merek (satisfaction), merek yang akan dipilih kembali di masa mendatang (future intention), dan merek yang paling di rekomendasikan (most recommended).Kelima parameter ini digunakan untuk menentukan nilai total persentase/index terhadap sebuah merek. Nilai parameter ini kami namakan Master Brand Index.

Kriteria Master Brand Award

Untuk mendapatkan Master Brand Award maka Makassar Research menetapkan beberapa kriteria:

  1. Merek-merek yang memperoleh Master Brand Index di atas rata-rata industri kategorinya, dan
  2. Merek-merek yang menurut hasil survei berada pada urutan 3 (tiga) teratas dalam kategorinya.

 

Survey Master Brand  

Survey Master Brand 2011 dilakukan di dalam wilayah kota Makassar, melibatkan 1040 responden yang bermukim di kota Makassar. Metode sampling yang digunakan adalah dengan Multistage Random Sampling. Kriteria yang ditetapkan untuk responden adalah: penduduk tetap kota Makassar atau penduduk yang telah bermukim di kota Makassar lebih dari 12 bulan (1 tahun), gender pria atau wanita dengan usia antara 18 hingga 55, dengan tingkat social economic status (SES) antara SES E minimal Rp750 ribu per bulan hingga SES A lebih dari Rp3,5 juta per bulan.

 

 

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: