Sulawesi

Warna Warni Sulawesi

Makassar Most Favourite Award – Culinary 2010

Tingkat pertumbuhan ekonomi di kota Makassar mengalami pertumbuhan yang signifikan dari tahun ke tahun, yang mencapai rata-rata pertumbuhan 8,89% per tahun. Pertumbuhan ekonomi yang sangat baik ini, akan berkorelasi positif terhadap pertumbuhan jumlah restoran dan rumah makan yang beroperasi di kota Makassar. Hingga saat ini jumlah restoran dan rumah makan yang beroperasi di kota Makassar  mencapai sekitar 500 dengan menu makanan yang beraneka ragam. Sementara menurut data BPS kota Makassar tahun 2009, terdapat sekitar 33 obyek wisata kuliner. Pesatnya pertumbuhan jumlah tempat kuliner di kota Makassar ini, tentunya akan berimplikasi pada meningkatnya peta persaingan di antara pemain-pemain di industri ini.

Majalah MAKASSAR TERKINI menemukan fakta perkembangan bisnis Kuliner di kota Makassar sudah demikian pesat dalam waktu 10 tahun ini. Ditengah-tengah ketatnya persaingan bisnis kuliner, timbul kebutuhan akan informasi mana tempat kuliner Paling Favorit yang dianggap paling Enak dan terpercaya dalam benak konsumen.

Sehubungan dengan fakta tersebut, Majalah MAKASSAR TERKINI menggagas Makassar Most Favourite Award “Culinary 2010”, sebagai sebuah penghargaan yang diberikan pada Restoran/Rumah Makan yang telah sukses membangun dan mempertahankan ekuitasnya.

Makassar Most Favourite Award “Culinary 2010” adalah penganugerahan tertinggi untuk sebuah Restoran/Rumah Makan yang diberikan oleh Majalah MAKASSAR TERKINI berdasarkan hasil dari Lembaga riset “MAKASSAR RESEARCH” yang melibatkan 300 responden penduduk ekonomi menengah ke atas di kota Makassar. Metodologi pengumpulan data yang dilakukan adalah metode penarikan sample secara purposive random sampling dipadukan dengan metode intercept melalui wawancara langsung (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner dalam pengumpulan data.

Bagaimana Restoran/Rumah Makan Terpilih Sebagai Pemenang Makassar Most Favourite Award “Culinary 2010”?

Melalui satu pertanyaan kepada responden “Dimanakah tempat TER-FAVORIT jika anda ingin membeli makanan/ minuman ? Dari hasil scoring dankeragaman jawaban responden diperoleh Nama Restoran/Rumah Makan dengan Most Favourite Index (MFI) Tertinggi berdasarkan kategori dan berhak terpilih sebagai pemenang Makassar Most Favourite Award “Culinary 2010”. MFI ini diformulasikan berdasarkan variabel tunggal, yaitu restoran atau rumah makan Ter-Favorit  berdasarkan 50 kategori jenis makanan dan minuman.  Untuk mendapatkan nilai atas variabel tersebut, Makassar Research menggunakan metode coding yang diperoleh dari daftar seluruh rumah makan dan restoran yang ada di kota Makassar.  Berdasarkan coding tersebut, maka melalui metode descriptive statistics diperoleh nilai modus (“code = nama restoran/rumah makan” yang paling sering muncul) tertinggi  berdasarkan kategori.

Untuk mendapatkan Most Favourite Index  (MFI) di masing-masing kategori jenis makanan dan minuman, Makassar Research menetapkan dua (2) kriteria, yaitu :

  1.  Tempat –tempat kuliner yang memperoleh Most Favourite Index (MFI) minimum 7%, dan
  2. Tempat-tempat kuliner yang berada dalam peringkat 3 (tiga) Tertinggi di masing-masing kategori makanan dan minuman.

Tujuan: Mengapa Perusahaan Perlu Makassar Most Favourite Award “Culinary 2010”?

 

  1. Merupakan penghargaan tertinggi di bidang usaha kuliner dan penghargaan ini hanya diberikan kepada restoran/rumah makan pilihan masyarakat yang paling favorit menurut  kategori kuliner, di kota Makassar.
  2. Penghargaan ini diberikan berdasarkan riset terhadap konsumen di kota Makassar, sehingga hasilnya benar-benar valid dan reliable karena berdasarkan pilihan konsumen.
  3. Event ini akan membangun kepercayaan pelanggan kepada restoran/rumah makan pemenang bahwa mereka telah memilih menu makanan & minuman yang tepat.
  4. Tercapainya komunikasi efektif kepada masyarakat untuk membangun image sebagai pelanggan.
  5. Terwujudnya iklim kebangkitan parawisata yang pada akhirnya akan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan perekonomian kota Makassar dan sekitarnya.

Pengumuman Pemenang  Makassar Most Favourite Award “Culinary 2010”?

ü  Pengumuman pemenang Makassar Most Favourite Award “Culinary 2010” akan dilaksanakan melalui Acara “Awarding Night” tanggal 22 Desember 2010, Jam 18.30 Wita di Ballroom Hotel Mercure JL. H.M Daeng Tompo No. 8 Makassar.

ü  Hasil riset Makassar Most Favourite Award ”Culinary 2010” juga dapat dilihat pada Sisipan Majalah Makassar Terkini Edisi Desember 2010.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: