Sulawesi

Warna Warni Sulawesi

Buat Ketupat Lebaran Sendiri Yuk…

Disulawesi Selatan Ketupat merupakan menu umum disaat lebaran. ketupat adalah makanan pengganti nasi yang biasa menjadi makanan sehari-hari penduduk sulawesi selatan disaat hari raya idulfitri. makanan ini sering dimakan bersamaan lauk kari ayam atau makanan berkuah khas lainnya.

bahan baku ketupat sendiri adalah beras. so apa bedanya dengan nasi ??.. ketupat sendiri dibuat dari beras tapi dibungkus dengan menggunakan daun kelapa atau daun pandan (terserah pilih yang mana ). jika menggunakan daun pandan, maka aroma wangi khas pandan akan menjadi ciri khas dari ketupat anda. selain itu jika menggunakan daun pandan ukurannya bisa menjadi agak besar.

jika menggunakan daun kelapa ketupat yang dihasilkan tidak sewangi menggunakan daun pandan, tapi ukuran yang didapat lebih seragam, itulah mengapa di penjual coto makassar menggunakan daun kelapa sebagai kulit dari ketupat mereka. ooh iya ngk usah berlama-lama lagi  berikut cara pembuatan ketupat itu sendiri. Pertama siapkan bahan-bahan dan alat-alatnya

Bahan :

  1. Beberapa lembar daun kelapa atau pandan, potong menyerupai sebuah pita sepanjang 1 meter atau lebih dengan lebar sekitar 3 cm.
  2. Beras, secukupnya
  3. Air, untuk memasak

Alat :

  1. Kompor untuk memasak
  2. Pisau untuk memotong daun kelapa atau pandan
  3. Panci untuk memasak

Cara membuatnya sebagai berikut :

Pertama buat kulit ketupatnya adapun langkah-langkahnya sebagai berikut

Langkah pertama, gulung janur sampai tiga kali gulungan pada tangan anda dengan posisi pangkal janur menghadap ke atas.
Ambil janur satu lagi, gulungkan juga pada tangan anda sebanyak tiga kali. Namun kali ini posisi pangkal janur menghadap ke bawah.
Buatlah kedua gulungan janur tapi saling bersilangan. Namun janur harus tetap dalam posisi tergulung.
Ambil salah satu ujung janur dan putar ke belakang susunan janur tadi.
Masukkan ujung janur yang sudah diputar ke belakang tadi, ke janur yang berada pada posisi tengah. Cara memasukkan janur tersebut seperti mengayam.
Teruskan ayaman tadi sampai bawah. Lakukan hal yang sama pada ujung janur yang satunya lagi.
Pangkal janur yang sudah terletak di samping, langsung bisa diayam ke atas. Lakukan hal ini pada kedua pangkal janur hingga bertemu di bagian atas ketupat.
Kencangkan semua ujung –ujung dari daunnya, hingga membentuk gambar seperti disamping

Selanjutnya isi kulit ketupat dengan beras yang telah dicuci sebelumnya. Dengan ukuran ½ dari besarnya ketupat. Rebus air dalam panci besar hingga mendidih. Masukkan satu persatu ketupat yang telah di buat tadi kedalam panci yang berisi air panas tadi. Biasanya ketupat dimaska berkisar 5-jam. Sesekali ditambahkan air jika panci yang berisi air tadi berkurang. Lakukan sampai ketupatnya benar-benar matang. Yaitu jika di tekan… ketupatnya akan terasa keras.

Jika ketupatnya telah matang angkat, tiriskan dan dingingkan. Ketupat dapat disajikan dalam keadaan dingin dan dicampur dengan masakan berkuah lainnya setelah dipotong-potong.. selamat mencoba

(ariel)

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: