Sulawesi

Warna Warni Sulawesi

Keindahan Panorama Wisata Takalar, Begitu Memukau

 

 

Aroma sejuk nan segar akan menyambangi, saat kali pertama kita memasukki kawasan ’Butta Panrannuangku’ Takalar. Beragam obyek wisata yang mengugah hati juga akan menahan kita untuk berlama-lama dikawasan ini. Selain pesona alam, Takalar juga terkenal dengan ragam pesona budaya yang hingga kini tetap terpelihara dengan baik.

Pesona  alam dan keberadaan Takalar sebagai posisi lintasan transportasi wisata antar Makassar, Bira (Bulukumba) dan selayar, menjadikan kawasan ini banyak dikunjungi wisatawa, termasuk wisatawan loka. Guna mewujudnya kawasan ini sebagai daerah tujuan wisata,  aneka obyek wisata dan atraksi budaya menyenangkan dapat Anda telusuri di kawasan yang terkenal dengan masyarakatnya yang berbudaya dan penghasil jagung terbesar di Sul-Sel.

 

Acara Maudu Lompoa Cikoang

Menyebut Kabupaten Takalar, orang langsung tertujuh pada Acara Maudu Lompoa.  Yang merupakan kegiatan keagamaan yang didalamnya ada perpaduan unsur atraksi budaya dan ritual-ritual dari masyarakat Cikoang, yang bermukim diseputaran Pantai. Kegiatan ini digelar setiap tahun bulan Rabiul Awal, berdasarkan kalender Hijriah, yang tujuannya dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Ritual didalamnya juga syarat dengan nilai-nilai budaya yang terus dikembangkan dan dilestarikan turun-temurung. Untuk sampai ke kawasan ini cukup ditempuh jarak 15 Km dari kota Takalar, atau 55 Km dari kota Makassar. Dan Anda juga dapat melihat secara langsung atraksi menghias perahu yang dipenuhi hiasan telur, bakul anyaman serta berbagai asesoris lainnya, untuk selanjutnya diarak dengan perahu lain ditepian muara sungai Cikoang. Suasana akan lebih semarak saat atraksi kesenian dan perebutan telur mulai digelar. Ratusan perahu yang dihiasi telur akan diperebutkan masyarakat dan pengunjung yang hadir. Dan konon menurut kepercayaan masyarakat seputar sungai Cikoang, setiap orang yang memperoleh aneka jenis makanan yang diperebutkan dari dalam perahu akan memperoleh keberkatan yang berlimpah dalam menjalani kehidupannya.   

 

Pantai Lamangkia

`           Pantai Lamangkia atau pantai Topejawa ini merupan tempat permandian alamin dengan desiran ombak, hembusan angin laut dan hamparan pasir lembutnya akan menyambut kedatangan Anda. Pantai ini terletak di desa Topejawa kecamatan Mangarabombang, yang jarak ada sekitar 14 Km dari kota Takalar, atau 54 Km dari Makassar. Berbagai sarana dan prasarana wisata  tersedia di kawasan ini, dan itu tentu saja akan memudahkan Anda beserta keluarga menikmati kesejukan udara pantai.

 Jejeran Baruga dapat Anda sewa dengan harga terjangkau, Balai-balai sebagai tempat menikmati hamparan laut sehabis mandi, perahu tradisional yang menjajakan ikan laut yang asik untuk dibakar, lalu disantai bersama ditemani gemuru angin pantai. Wow…benar-benar liburan yang menyenangkan. Ditempat ini, Anda beserta keluarga juga dapat beraktifitas bersama seperti berjemur, berenang, olah raga pantai, voli pantai, memancing dll. Dengan membayar iuaran masuk sebesar Rp 2000 Anda akan menikmati kesejukan pantai Lamankia tanpa batas.

Barugayya

Kabupaten Takalar memiliki obyek wisata perburuan, yang tidak terdapat di kota-kota lain di Indonesia. Obyek wisata berburu  rusa ini dapat ditempuk melalu perjalanan darat dari Takalar selama 50-60 menit. Kawasan ini menjadi sebuah resort yang sangat indah dan masih sangat alami, dimana pegunungan, pebukitan, danau maupun hutan membuat obyek ini sangat tepat dijadikan tempat untuk menguji ketangkasan hoby berburuh Anda. Namun mungkin saat ini, wisata Barugaya belum dapat digunakan, karena proses pengembangan dan pembudidayaan area. Tapi Anda tak perlu berkecil hati karena kawasan ini juga bisa digunakan sebagai tempat wisata lintas alam (outboun), mancing, berkuda, panjat tebing dan  berkema. Anda tinggal memilih wisata seperti apa yang Anda ingin lakukan. Di dalam area Barugayya, juga disediakan tempat peristirahatan bagi para pengunjung, tentu saja dengan harga yang relatif terjangkau dompet Anda.

 

Telaga Ko’mara

Ko’mara merupakan sebuah kawasan pegunungan, alam yang asri dan sejuk dengan sungai-sungai yang mengalir dari celah pegunungan sehingga menghasilkan air terjung yang bertingkat-tingkat. Telaga yang mengeluarkan kesegaran dan kesejuk air pegunungan alami ini, jarak tempuhnya sekitar 20 Km dari kota Takalar. Sungguh suatu pemandangan yang cantik nan elok. Bagi Anda yang menyukai petualan di kawasan alam, disini tempatnya. Rangkaian ajang seperti tracking, panjat tebing dan berkuda dapat dilakukan. Untuk masuk ke kawasan ini anda tidak dipungut biaya sepeser pun. Dan alangk baiknya jika Anda dan keluarga akan berkunjung ke telaga Ko’mara ini,  sebaiknya Anda dan keluarga membawa bekal, karena diseputaran telaga tidak ditemui satu pun penjual makanan dan minuman.

 

Monumen Lapris,

Monumen yang dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan yang tank pernah mengenal kata menyerah ini, menjadi satu daya wisata menarik untuk ditelusuri. Monumen yang berada di sebuah bukit Desa Bulukunyi, penempatannya lain dari monumen biasanya. Berada disebuah bukit dengan pesona alam dan hamparan lereng pegunungan yang tertata rapi, seakan membawa kita serasa berada dihamparan perkebunan teh yang indah. Suasana layaknya monumen yang serba menakutkan tak diterlihat di kawasan ini. Di Monumen yang jarak tempunya 12 Km dari  kota Takalar dan 50 Km dari Makassar, Anda akan dapat melihat 19 Prasasti dari kelasykaran Sulawesi Selatan dan Tenggara, yang menjadi  peninggalan Lascar Pemberontak Rakyat Sulawesi (LAPRIS) pata tahun 1940-an, dibawa kepemimpinan Ranggong Dg Romo sebagai panglima yang sudah melakukan pertempuran sebanyak 52 kalidemi mengusir penjajah dari bumi Sulawesi Selatan.

 

Oleh-Oleh

Mengunjungi Takalar tak lengkap rasanya jika tak membawa oleh-oleh khas tanah  ’Butta Panrannuangku’. Takalar selain dikenal penghasil jagung terbesar di Sul-Sel, juga dikenal dengan masyarakatnya yang ahli dalam pembuatan Guci dan aneka Anyaman khas Takalar. Bahkan Anyaman dan guci yang dibuat telah menembus pasar Nusantara dan Internasional. Diantaranya anyaman Serat Lontara, Songko Guru, Topi, Tas, Kipas, Bakul, dll yang didesainsecara khusus oleh pengrajing. Juga ada Geraba yang berbentuk guci, asbak, vas bungan, hiasan dinding hingga kursi teras, dapat Anda bawa pulang sebagai buah tangan. Tak lupa pula berbagai guci mungil yang dapat Anda jadikan koleksi pribadi. Tempat kerajinan ini berada di kecamatan Galesong Selatan dan kecamatan Pattalassang.

 

 

Single Post Navigation

6 thoughts on “Keindahan Panorama Wisata Takalar, Begitu Memukau

  1. makasih Bos Infonya sangat menarik

  2. Ajier Paiyo Mpo on said:

    Mantap Tawwa.. Maudo Lompoa hahaha..

  3. achai on said:

    memang Takalar selalu di hati, aku putra asli Takalar akan menjunjung terus nama baik tanah kelahiranku,walaupun aq jauh di kampung orang lain aq tetap kangen akan suasana tana kelahiranku yang penuh dengan ketenangan.

  4. berikanlah keindahan laen selain dr pd tempt wisata dan tradisi yg tlah engkw banggakan,,,,,wujudkan takalar menjadi salah satu kota terpandan dan menarik dr semua segi positif sprti ibukota kita,,,jakarta!!!!!!!!!!!!!!Alhamdulillah ya,takalar pasti bisa.

  5. nona on said:

    postingan yang bagus, takalar memang menyajikan berbagai macam objek wisata…. ada yang ketinggalan, keindahan puntondo dan punaga dengan desiran ombak dan pasir putihnya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: