Sulawesi

Warna Warni Sulawesi

Resep Coto Makassar

Bahan:

 

1 kg daging sapi bagian sengkel (yang empuk itu, bilang aja ama abang2 di pasar, pasti pada tau..)

1/2 kg paru (digoreng, pisahkan, masukin toples)

2 liter air cucian beras/tajin

5 batang serai, memarkan

5 lembar daun salam

250 gram kacang tanah, goreng, haluskan

3 sdm minyak goreng, untuk menumis

5 cm jahe, memarkan

1 ruas lengkuas, memarkan

________________________________________________

 

Bumbu yg dihaluskan:

10 siung bawang putih

10 Siung Bawang Merah

8 butir kemiri disangrai

1sdm ketumbar disangrai

1 sdt jintan disangrai

1 sdm garam

1 sdt merica butiran.

Pelengkap:

 

__________________________________________

bawang goreng

irisan daun bawang

irisan seledri

____________________________________________

Sambal tauco:

- Haluskan 10 buah bawang merah, 5 siung bawang putih, 10 buah cabai keriting yang direbus sebentar.

- 100 gram tauco yang ditumis dengan 6 sdm minyak goreng hingga matang, tambah garam dan gula merah secukupnya. Campur sama bahan yang udah dihaluskan barusan.

_____________________________________________

Cara membuat:

1. Kalo pake babat atau hati, rebus terpisah hingga lunak, angkat, tiriskan, potong dadu.

2. Rebus daging sapi bersama air tajin, serai, lengkuas, jahe, dan daun salam. Setelah matang angkat, tiriskan, potong dadu.

3. Panasin minyak, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, masukkan ke dalam kaldu,tambahkan kacang tanah goreng, didihkan.

4. Penyajian: Siapkan mangkuk, isi dengan daging dan ati dan babat dan juga paru yg dari toples tadi. Taburi bawang goreng (enaknya banyak2), irisan daun bawang dan seledri, sajikan dengan ketupat dan sambal taoco.

5. Sajikan hangat.

PS: Tambahin kecap, garam, dan jeruk nipis jika perlu

 

About these ads

Single Post Navigation

22 thoughts on “Resep Coto Makassar

  1. Pingback: Coto Makassar, makanan Khas orang makassar « South Celebes

  2. Wah..boleh nih di coba… Makasih yah buat resepnya. Lumayan lah buat masak makanan khas Mks di negeri org…Kwkwkwkwk… Tahu aja kalo lagi kangen bgt ama makanan asal. :D

  3. tips makan coto…
    jangan menambahkan kecap manis klo mau merasakan orisinalitas dari coto…
    tapi cukup tambah garam dan jeruk nipis (ini yang utama)…

  4. Nyammanna karaeng

  5. 10 resep coto, 1o pula rasa asik…maka coba saja semuanya…

  6. Daeng Kullo on said:

    Memang luar biasa masakan daerahku.

  7. Daeng Kullo on said:

    enak memangto makanan daerahku…

  8. Iwan sanjaya on said:

    Coto mksr memng is the best tidk ad 2x

  9. alwibugis on said:

    trims atas resepnya udah lama nih tidak makan coto makassar ,dimaklumi saja dinegeri arab tidak ada warung coto.

  10. Christina Noenoehitoe on said:

    Thanks ya buat resepnya. Maunya sih nyoba bikin, moga2 disini ada yang jual tauco-nya… agak2 ga ngerti soalnya cari-nya dimana. Ada yang tinggal di Scotland yang bisa inform ga ya????

  11. zhuace on said:

    udah ada lum resep cotooo makassar vegetarian
    ala maitreya’s heee heee?????

  12. hi all udah nyobain lum coootooo’s ala maitreya’s
    hehe!

  13. umami on said:

    trims resepnya, akan dicoba krn saya bukan dr makasar tp dr jawa :-)

  14. umami on said:

    resepnya boleh dicoba, trims

  15. sy rasa coto makasar perlu diperkenalkan di dunia internasional

  16. chesy on said:

    mantap mentong coto makassar!!

  17. ucu nurlaela on said:

    trima kasih resp nya,,mau di coba ya…^^
    pengen tw lebih jauh lagi dng coto makassar dong…tips2 gt…he,
    makasih

  18. widiastuti diah prianti (tuti) on said:

    Pake ketumbar, jintan sm bwg pth jg ?.

  19. tauco itu apa ya?? Hehe

  20. Bugis_Lord on said:

    mau sekali ka coba bela tapi burasnya ambil di mana di? tolong ada yg bisa bikin buras atau ketupat asli di Belanda?

  21. terimakasih sudah menulis resep coto makasarnya… bisa dicoba nih :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 133 other followers

%d bloggers like this: