Sulawesi

Warna Warni Sulawesi

TAMAN KOTA, WISATA ALTERNATIF MURAH MERIAH DI MAKASSAR


Berwisata sambil menghabiskan waktu liburan tidak harus keluar Kota Makassar. Di kota anging mammiri ini sendiri terdapat berbagai objek wisata yang menawarkan sejuta fasilitas. Mulai dari wisata pantai, wisata budaya dan sejarah hingga wisata taman.

Pembangunan tiada henti yang seakan berburu dengan laju perekonomian meninggalkan jejak modernitas yang akan sangat mudah ditemui di segala titik strategis di kota ini. Gedung-gedung bertingkat berdiri angkuh menunjukkan keperkasaannya masing-masing dalam mencakar langit.

Area hijau kini makin sempit tergusur para pencakar langit. Disela-sela keangkuhan itu masih tersimpan titik-titik hijau mungil yang menyimpan senyum penghijauan. Mereka adalah taman-taman kota yang tetap terpelihara walaupun hingga kini belum memiliki sisi komersil.

Kelayakan taman kota untuk dijadikan sebagai salah satu objek wisata sudah tidak diragukan lagi. Jumlah taman yang ada di Kota Makassar menurut data UPTD Pengelolaan Lapangan Dan Taman Kota Makassar adalah sebanyak 28 buah, baik yang masih terurus hingga kini maupun yang sudah tidak terurus lagi. Keseluruhan taman ini tersebar di empat arah mata angin kota. Sebagian besar taman ini memiliki daya tarik sebagai tempat berwisata.

Seperti halnya objek wisata lain, taman-taman di Kota Makassar telah menjelma menjadi public space karena sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penghibur bagi masyarakat. Mulai dari sarana permainan bagi anak-anak, sarana olahraga hingga baruga sebagai rumah singgah.

Taman Hasanuddin misalnya. Taman yang terletak diantara jalan Lamadukelleng dan jalan Sultan Hasanuddin ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Tersedia tempat bagi masyarakat yang mencintai olahraga jogging dan bersepeda. Selain itu, taman yang memiliki kolam air tugu buku ini juga dilengkapi dengan sarana permainan bagi anak kecil. Terdapat ayunan, luncuran, jungkat-jungkit, dan titian tangga yang pasti akan sangat digemari oleh anak kecil. Jika Anda tertarik untuk berwisata di taman yang dibangun pada tahun 1991 ini, Anda tidak perlu khawatir untuk mencari tempat beristirahat karena selain terdapat bangku panjang, taman ini pun telah dilengkapi dengan gazebo dan baruga rumah singgah.

Lain lagi dengan Taman Refleksi Emmy Saelan. Taman yang terletak di perempatan antara jalan Tamalate, jalan Adiyaksa dan jalan Hertasning ini berada di pinggir lapangan yang menjadi pusat segala aktivitas olahraga masyarakat sekitar. Tidak hanya itu saja, taman yang tetap terjaga kebersihannya ini melengkapi diri dengan berbagai fasilitas penunjang. Bangku taman, ayunan, luncuran, jungkat-jungkit dan titian tangga menjadi daya tarik tersendiri.

Bukan hanya arena permainan bagi anak-anak dan sarana olahraga yang menjadi nilai tambah di taman-taman Kota Makassar. Tapi berbagai tugu dan patung yang menjadi icon dari tiap taman pun berdiri tegak menunjukkan identitas. Di Taman Maccini dibangun tugu Wolter Monginsidi sedangkan patung gajah dan buaya berdiri tegak menjadi penyambut pengunjung di Taman Safari. Tugu jam berada di Taman Pualam dan tugu patung ayam menjadi identitas Taman Ayam Daya. Tugu batas kota yang menjadi pemisah tersendiri antara Kota Makassar dan Kabupaten Gowa berada di Taman Mallengkeri. Tugu tentara pelajar berada di Taman Slamet Riyadi, tugu Macan berada di Taman Macan dan tugu sultan hasanuddin tidak hanya menjadi identitas Taman Benteng I tapi juga menjadi salah satu landmark Makassar.

Menyoal tentang penghijauan, di berbagai taman dapat ditemui berjenis-jenis pohon yang menjadi pelindung setiap pengunjung. Palem raja, glondongan tiang, ekor tupai, angsana, serut, cemara, johar, tawaan, hanjuang, agave, beringin, akasia., kelapa, walisongo dan bamboo gading adalah beberapa jenis pohon dan tanaman yang menjadi penghijau taman.

Walaupun saat ini telah ada beberapa taman yang berubah fungsi atau bahkan hilang tergusur laju pembangunan, tetapi keberadaannya tidak dapat dipandang sebelah mata. Taman-taman Kota Makassar tidak hanya layak dijadikan sebagai titik start penghijauan tetapi juga menjadi tempat wisata alternatif murah meriah bagi Anda dan keluarga. Le2/

INBOX :

Untuk makin memperkaya wawasan Anda mengenai taman-taman di Kota Makassar dan menjadi petunjuk bagi Anda dan keluarga, berikut kami sajikan daftar-daftar taman berdasarkan data dari UPTD Pengelolaan Lapangan Dan Taman Kota Makassar.

NAMA TAMAN

ALAMAT

LUAS (m2)

Taman Macan

Jl. Balaikota

11.000

Taman Slamet Riyadi

Jl. Slamet Riyadi

1.535

Taman Benteng

Jl. Ujung Pandang

3.160

Taman Kantor Balaikota

Jl. Jend. Ahmad Yani

7.990

Taman Pattimura

Jl. Pattimura

2.350

Taman Hasanuddin

Jl. Sultan Hasanuddin

6.510

Taman Safari/ Pantai Laguna *

Jl. Penghibur

3.200

Taman Pualam/ Losari *

Jl. Somba Opu

960

Taman Nusakambangan

Jl. Nusakambangan

360

Taman Ade Irma Suryani

Jl. Ade Irma Suryani

600

Taman Maccini

Jl. Mesjid Raya – Jl. Gunung Bawakaraeng

2.450

Taman Kerung-Kerung

Jl. Kerung-Kerung

616

Taman Monumen Korban 40.000 Jiwa

Jl. Korban 40.000 jiwa

4.610

Taman Kakatua

Jl. Dr. Ratulangi – Jl. Kakatua

1.230

Taman Kumala

Jl. Kumala

150

Taman Tello Baru

Jl. Urip Sumoharjo

2.304

Taman Sudiang **

Jl. Perintis Kemerdekaan

2.800

Taman Ayam Daya

Jl. Perintis Kemerdekaan

3.650

Taman KIK Daya

Jl. Perintis Kemerdekaan

180

Taman Keuangan

Jl. Urip Sumoharjo

1.700

Taman Pantai Gapura

Jl. Pasar Ikan

289

Taman Karunrung

Jl. Karunrung – Jl. Arief Rate

3.430

Taman Rumah Jabatan Walikota

Jl. Ujung Pandang

1.700

Taman Perbatasan Malengkeri

Jl. Sultan Alauddin

300

Taman Al Markaz

Jl. Mesjid Raya

240

Taman Kompleks IKIP

Jl. Pendidikan Raya

1.650

Taman Emmy Saelan

Jl. Hertasning

1.189

Taman Al Gazali

Jl. Perintis Kemerdekaan

1.800

* Telah berubah fungsi

** Telah hilang

About these ads

Single Post Navigation

6 thoughts on “TAMAN KOTA, WISATA ALTERNATIF MURAH MERIAH DI MAKASSAR

  1. Steven on said:

    Mantap.Punya info hotel kelas melati nggak boss?yang murah meriah…info ke emailku yah..trims.

  2. wah, keren juga objek wisata taman kota…. heheheehehe..
    jadi penasaran dengan fasilitas yang ada d taman kota makassar.. :)

  3. thank’s buat info wisata d makassar nya..
    ternyata byk juga objek wisata yang menarik dsna….

  4. taman kota sering tidak disadari sebagai rekreasi alternatif yang murah bagi masyarakat utamanya warga kota makassar,mengapa?.Ada berbagai faktorseperti panataan yang tidak menarik,sempit,kotor,semrawut,tidak representatif di tambah warga kota yang tidak peduli dan tidak merasa memiliki.Sepertinya taman kota itu prioritas pembangunan nomor “konteng”.Semoga saja kedepan ada walikota yang betul2 care dan masyarakat sadar akan pentingnya menjaga dan memelihara kota kita yang tercinta.

  5. bams on said:

    UPTD pengelolaan lapangan dan taman kota itu d bawah naungan dinas apa yah???(bwat penelitian skripsi boss)..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 132 other followers

%d bloggers like this: