Sulawesi

Warna Warni Sulawesi

Jalan-jalan Ke Jeneponto Sulawesi Selatan


Mengintip Pesona Wisata di Bumi Turatea

Selamat datang di bumi Turatea, kalimat itu akan terlihat saat pertama kali kita memasuki Kabupaten Jeneponto, kota dengan keindahan wisatanya yang mempesona.

Kabupaten Jeneponto merupakan salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Selatan. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Jeneponto. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 737,64 km2 dan berpenduduk sebanyak ±300.000 jiwa. Kabupaten Jeneponto terletak di ujung bagian Barat wilayah Propinsi Sulsel yang jarak tempuhnya dari Kota Makassar sekitar 90 km.

Dalam rangka pencanangan Visit Indonesia Year 2008 berbagai kota di tanah air terus digalangkan. Dan Jeneponto pun tidak mau ketinggalan untuk memperkenalkan obyek wisatanya. Baik itu wisata alam, budaya, agrowisata dan agrobisnis. Jadi tak salah rasanya jika jalan-jalan kita kali ini, kita menyambangi Kabupaten Jeneponto yang juga dikenal sebagai penghasil Garam terbesar dan kepiawaiannya membuat Coto Kuda sebagai wisata kuliner tersohor di Sulsel.

Wisata Air Terjun Je’neAriba

Mengunjungi Jeneponto tak lengkap rasanya bila tidak ke Air terjuang Je’ne Ariba. Je’ne Ariba berada di Desa Kapita kecamatan Bangkala. Air terjung ini memang belum bisa di sejajarkan dengan air terjun Takkapala yang ada di Malino, namun air terjuang Je’ne Ariba ini memiliki keunikan tersendiri untuk ditelusuri. Di mana saat memasuki kawasan ini, para pengunjungnya akan dijamu dengan keindahan pegunungan yang cukup memukau dan mempesona. Selanjutnya menuju ke arah obyek, pengunjung kembali diwajibkan untuk menelusuri perkebunan jagung, jambu menteh dan tambak ikan. Ini tentu saja menjadi keasyikan dan tantangan tersendiri bagi Anda yang suka berpetualang ke alam bebas. Sekilas, perjalanan akan sangat melelahkan saat menuju lokasi Je’ne Ariba, tapi Anda tak perlu khawatir mengingat keindahan alam yang bertebaran di seputar jalan menuju area air terjun membuat kita tak merasakan hal ini. Malah sebaliknya decak kagum selalu datang menghampiri. Kesejukan air telaga di Je’ne Ariba sangat bening dan segar. Di kawasan ini sangat sering digunakan sebagai tempat rekreasi masyarakat umum yang bertanda bersama keluarga, khususnya pada hari Minggu yang juga bersamaan hari pasar di seputaran desa Kapita ini. Jarak tempuh wisata Je’ne Ariba sekitar 25 km dari kota Jeneponto.

Bungung Salapang

Tidak lupa Anda pun bisa mengunjungi wisata Bungung Salapang atau sembilan Sumur. Tempat wisata ini juga sangat menarik untuk dikunjungi, karena bisa disebut sebagi wisata Budaya. Di mana air yang ada di dalamBungung Salapang ini tidak pernah habis meskipun banyak orang yang memakainya, dan hal itu sudah terjadi ratusan tahun yang lalu. Bungung Salapang, oleh sebagian masyarakat Jeneponto juga dipercayai selain dapat menghilangkan berbagai macam penyakit yang ada dalam tubuh, bisa awet mudah juga bisa ketemu jodoh. Dengan cara orang tersebut harus datang dengan niat baik dan tulus, untuk memohon (nasar), sambil mengikat tali yang menyerupai akar-akaran di seputaran pohon atau area Bungung Salapang, sambil berucap dalam hati ‘ Aku akan kembali melepas tali ini setelah jodohku aku temukan ’ lalu membasuh air ke muka. Percaya tidak percaya tempat wisata ini banyak dikunjungi masyarakat dari dalam dan luar Jeneponto. Dan saat ini kawasan Bungung Salapang menjadi potensi khasanah yang unik karena keragaman budaya yang ada di Masyarakatnya selalu berpulang pada kesejahteraan dan kebahagiaan bersama. Sebagian masyarakat mengkulturkan dan menjadikan tempat tersebut sakral.

Agrobisnis Industri Garam

Kualitas garam yang dikelola secara tradisional dapat di temukan di Jeneponto. Pengolahan yang tradisional menjadikan garam dari sini cukup diperhitungkan oleh pelaku bisnis dari luar Sulsel. Pada umumnya Garam di sini diolah kembali untuk dijadikan garam konsumsi maupun untuk garam industri, namun bahan penggunaannya tidak mengandung unsur kimia yang merusak. Lahan pembuatan garam di sini dibuat berpetak-petak secara bertingkat, sehingga bagi anda yang ingin mengetahui lebih dalam lagi cara menghasilkan dan membuat garam, Anda tinggal mengunjungi kawasan Nassara di Jeneponto.

Tak lengkap rasanya jika mengunjungi Jeneponto, tanpa mencicipi coto kudanya. Aneka rasa yang disajikan akan mengundang selera dan rasa penasaran tak kala menikmati satu mangkuk panas hidangan coto kuda. Harganya pun terbilang murah, hanya Rp. 9000 Anda sudah dapat menikmatinya.

Sebenarnya masih ada banyak lagi tempat-tempat menakjubkan yang bakalan memacu decak kagum Anda setiap kali berkunjung ke Jeneponto. Seperti Wisata Pantai Pasir Putih Kassi, Cagar Budaya Makam Raja-raja Binamu, Panorama Alam Loka Jenetallasa, Pacuan Kuda di Binamu dan Pasir Putih Taman Roya, selalu menanti. Jadi selamat berkunjung sambil menikmati keunikan dan keindahan wisata di Butta Turatea, Jeneponto.


About these ads

Single Post Navigation

120 thoughts on “Jalan-jalan Ke Jeneponto Sulawesi Selatan

  1. Cayo jnpnto,ttanggA yg baik

  2. salam hangat jeneponto,saya rindu turatea.
    i love you jeneponto.

  3. Karcind on said:

    Saya jadi mau makan coto belokallong…!
    Salam kenal dari cicaheun bandung

  4. Andi Syukur Adinatas, B. S.IP on said:

    Wah, Web yang anda buat terlalu melebih-lebihkan kabupaten Jeneponto…
    “Orang bicara jujur sulit ditemukan, dari pada berbicara tidak sesuai realitas”

  5. cayooo…
    jeneponto…
    harusnya qt jg cerita smua kecamatan yang ada d jepot…
    utamanya ke khassan yang dimliki d kecamatan 2X…
    kelara n rumbia punya banyak kelebihan loohh

    smangat ki….

  6. Bul_bul on said:

    Orang-orang sering berkata seakan merendahkan daerah ini…(Jeneponto). Orang berkata daerah ini penuh dengan kegersangan, dan hal-hal lain lagi yang pokoknya miring…
    padahal mereka hanya mendapatkan cerita,cerita, dan cerita…dan klaupun mereka telah melihat…mereka hanya mencocokan dari apa yang didengar dan apa yang dilihat secara sepintas…
    mereka hanya melihat sebagian dari bagian yang terkecil…
    mereka belum tidak ingin melihat bahwa Jeneponto adalah daerah yang beradab dan banyak lagi hal-hal positif yang mereka tidqak ketahui…

    • rahmat on said:

      Kangen Kampung..:( Jeneponto Aku Rindu kamu. Aku rindu arti silaturrahminya. walaupun aku tak akan melihatmu lagi, karena aku akan selamanya di sini, di kampung orang…Sedih juga.

  7. Hidup Turatea
    Eroka Amminro Mange Ri Kampongku

    • Rahmania kunnu on said:

      sama kalau begitu saya jg mau pualng kampung jeneponto tempat kelahiranku juga dsanalah semua keluargaku hehehe…

    • Wah saya sangat senang sekali ternyata JENEPONTO Bisa dCari diInternet saya bangga jadi oarng jeneponto Sy asli DESA PALAJAU yg lg merantau keJKT tapi tidak lupaja pulang satu taun satu kali kodong Lebaran…semoga JEPON tetap maju dan bkn bisa dknl smpai kluar Negri tentunya yg positif…Jeneponto TURATEA hehehhee….

  8. inggidaeng on said:

    hidup turatea i love you jeneponto N kelara

  9. JENEPONTO,,,,AKU PENGEN KESANA,,,
    TEMPAT DAENG KU,,,

  10. Kanto Manolo on said:

    Jeneponto maju terus jaya lah selalu, pastikan hidupmu jauh lebih bersaing dengan daerah lain.. Kpd pemerintah setempat”.. kedepankanlah hidup bermasyarakat yang aman dan damai, dengarkan apa keluhan masyarakat,serta majukan perekonomian dengan mengoptimalkan koperasi2 secara efektf dan merata, masyarakat diberi kemudahan dalam hal pinijam meminjam…masalah watak yang pabambangan natolo saya menilai bahwa memang nenek moyang kami dulu merasa bangga jika di juluki julukan sperti itu, karena akan merasa percaya diri dan merasa jagoan,, kedua karena keseringan nya menbuat ulah atau keributan di berbagai daerah dan pastinya dalam hal menbela kebenran.. tapi sekarang jeneponto hebat maju, pastinya di kalangan muda rama sopan santun dan kreatif.. termasuk saya anak BANGKALA yang dinas di istana negara RI… salam KANTO MANOLO

  11. indah sekali………

  12. erwin sukmana on said:

    masih banyak tempat menarik di jnpnt, tambahkan lagi dong supaya orang tau seperti apa daerah kita – ok ?

  13. JENEPONTO MEMANG MEMBANGGAKAN,,,
    SAYA BANGGA DI LAHIRKAN DI BUTTA TURATEA,,,,,

  14. Jupri dg.Rowa on said:

    Butta Turatea…..
    filosofi kata yang dalam bahasa makassar orang diatas,….
    …………kata ini kuharapkan selalu ada dalam setiap perubahan yang positif untuk daerah yang sering mendapatkan komentar miring tetapi itu terbantahkan bila kita telah pernah berkunjung kesana….
    ………turatea atau sering disebut jeneponto adalah Oase di padang pasir dengan keindahan alam yang terletak di daerah Rumbia yang menyediakan panorama pohon pinusnya yang indah dan dingin (desa loka kecematan rumbia)…..
    ……..WELCOM TO TURATEA…….

  15. Asslm. Wr. Wb….

    Turatea…

    Tempatku dimana mulanya ku berpijak…
    Tempat dimana ku mulai mengenal dunia…
    Tempat dimana realitas kehidupan berputar…
    Dan tempat dimana pijakanku takkan berlangsung surut….

    Terlalu banyak cemooh dan cibiran yang disematkan untuk mu…
    Namun itu takkan lunturkan semangat “abulo sibatang accera si tongka tongka” bagi punggawa mu…
    Ku takkan rela harga dirimu diremehkan…
    Meski roh ini lenyap karena rasa patriot ku…

    Untuk tunas bangsa…
    Segenapkan lah sumbangsi ta untuk Butta Turatea…
    Tetap tuntun generasi kita membangun Jeneponto…
    Karena itu akan dinkmati olh anak cucu kita di masa depan kelak nanti…

    Amien….
    Salam Turatea…

  16. dikaCCa on said:

    mnaMi……!!!!

  17. SUBAGIO.ST on said:

    Walaupun aku jauh dirantau orang.namun, tempat klahiranku msih slalu kuknang setiap saat……bumiku nan indah,turateaku selalu bersinar untuk slama2x…i love u jenepontoku

  18. Tdak baeji jeneponto, bosanja tnggal di kampung

  19. duhh…Kangen neh ma buTta TURATEA… Punya cita2 mengembangkan daerah jeneponto di segala bidang..

  20. Jeneponto..
    Butta Kalassukangku…
    Tarowang ri atingKu…

  21. ANHA DEVIL on said:

    ZLAM MA ANAK2 JEPOT!!!!!!!KHUSUSX ILHAM DI BAROBO,,,,,,,,,,N TEMAN2 YG KENAL MA Q AJA……….WAT CIKA’ Q HAYA…..KANGEN K’ CIKA……………………………………………………

  22. ninhaku on said:

    gimana mau ngembangin kalo disana gersangnya minta ampun…hee…

  23. waduh…
    sudah lama aq g ke jeneponto…

    miss u jeneponto…
    miss u coto makassar…

    hehe..

  24. FIAN BUTTA TOA on said:

    KEMARAU MELANDA,………

  25. Enes Gaffar on said:

    Butta kalassukangku,, butta rinawanawangku,, aku lahir smpe usia kanak2 di Daerah Kelara,, namun aku sangat menghargai n menjujung nilai2 budaya yg tinggi Siri’ na pacce’ n msy yg mandiri,,. teringat kebisaan masa kecil Kombong2 ri buakang irigasi Bendungan Kelara,, thanks 4 being coming my inspiration especially culture n humanisme

  26. wah,cuma sedikit yg ditulis padahal masih banyak lg misal pesta jene jene sappara di tarowang dan sejarah semua kerajaan yg pernah ada

  27. Mari kita bersatu yang merasa putra-putri turatea, mari kita bangun jeneponto.

  28. Slm TURATEA…. Aq adalah putra asli JENEPONTO…. Aq sngt bangga dgn JENEPONTO.. Meskipun baxk org yg selalu b’komentar miring ttg JENEPONTO yg katax gersang.. Pa’bambangan na tolo.. Tdk pux pahlawan.. Mereka hax melihat sepintas a/ pun mendengar dr mulut ke mulut… Aq tetap bangga dgn JENEPONTO butta kalassukanggku.. Butta di mana aq di lahirkan n di besarkan.. Mj terus JENEPONTOKU.. Jayalah selalu…

  29. jepot……. mantap…….!!!

  30. I like jeneponto…

  31. ulla on said:

    jeneponto is the best

  32. hi Ariel,

    info mengenai Jeneponto-nya apa boleh saya kutip di website saya? Beberapa tahun yang lalu pernah berkunjung ke Jeneponto. Namanya saya adaptasikan untuk proyek musik saya: Janne Ponto (www.janneponto.com). Free download lagunya di http://www.janneponto.com/discography

  33. Pingback: Info Seputar Jeneponto | Janne Ponto

  34. heri on said:

    pengen tau lebih jauh aja ttg jeneponto

  35. asik makanX tauA jeneponto….?????

  36. kucinta dGn jeneponto…

  37. i love jeneponto . . . .

  38. i love jeneponto

  39. trifa96 on said:

    Perkembangan Jeneponto sekarang sdh semakin maju hal ini ditandai beberapa proyek berskala Nasional terbangun mis. industri batu bara yang diikuti pembangunan PLTU Punagaya.
    Mari kita bersama bersumbangsih terhadap kemajuan tanah kelahiran kita.Banyak yang bisa dikelola yang penting niat, tekad, dan kemauan.

    trifa96
    Campus ITT (Bojongsoang, Bandung Selatan)

  40. wahyu challik on said:

    jeneponto aq rindu dgn tanah kelahiran Ku,..
    butta turatea bertekad maju teruz,dan sejahterakan masyarakat…!!

  41. aq kangen sama jepot

  42. iin yusrie palangkey on said:

    ewako turatea!!!

  43. jeneponto pa,rasanganku ,jangan ada dusta diantarara kita dan jangan kotori kampungku dengan korupsi….

  44. maju terus….jeneponto…
    i like..

  45. kasihan kampungku on said:

    masih banyak hal menarik di jeneponto..
    1. korupsi na
    2. sogok-sogok na (apalagi kalo’ ada penerimaan cpns)
    3. sebagian generasi muda na tdk berani merantau (mending jadi pns atau “berjuang untuk masuk database supaya bisa tongi diangkat jadi pagawe)
    4. masih banyak yang maunya duduk ongkang-ongkang kaki sambil baca koran dan akkaluru’ di kantor-kantor pemda padahal harusnya kerjaki untuk rakyat
    5. itu mo dulu deh

  46. magfirah on said:

    JEPOT TAK seburuk yang org2 bayangkan
    ada lagi lho tempat wisata baru di jepo
    letaknya di kampung siccini’ petang. disana pantainya indah n bersih.

    ayo nak turatea bangun daerah kita biar lebih maju n berkembang
    jangan hanya korupsinya aja yang di bangun n di kembangkan.

    kita saudara….
    untuk apa korupsi, lebih baik kita sejahtrakan saudara kita biar bisa hidup sejahtra.

    n biar daerah kita tidak diremehkan lagi

    info terbaru lagi nih….
    JENEPONTO ada harta karun soekarno lho yang senilai trilyunan rupiah….
    percaya g percaya….
    harus percaya

  47. magfirah@: info lebih terbaru lagi konon harta karun tsb aspal alias asli tp palsu karena belum ada pembuktian, kalo memang itu asli trus kenapa belum di pakai buat sesuatu yg lebih berarti dari pada sekedar dipajang…

  48. berbicara tentang jeneponto aku setuju bila jeneponto itu yang diliput bukan hanya yang jelek2nya saja tapi jg sesuatu yang menarik perhatian orang banyak. dan aku sangat tidak setuju dengan satu komentar sebelumnya yang mengatakan bahwa jgn melebih2kan jeneponto kita harus berbicara rrealita ataw apa segala macam. aku pkir sih ini juga realita krna tempat2 yg dipaparkan memg benar adanya. jgn terlalu pesimis lah sama potensi daerah sendiri. kalo bukan kt yang memuji kota jeneponto siapa lagi coba?masa orang luar dulu yang harus memuji baru kita. kan gak etis gitu,,,so, apapun yg dikatakan orang tentang jeneponto, jeneponto tetaplah bumi kelahiran aku, kamu dan kita. so, mari kembangkan setiap potensi yang ada…salam :)

  49. Adhie wisaksono on said:

    Aku punya temen yg tinggal di jeneponto wanita namanya “Desi aryanti Ahmad” (kalo gak salah). alamat lengkapnya kurang tau dan dia bekerja jadi pns di jepot. Punya adik yg namanya novi n fitri.
    Bagi siapa aja yg kenal dengan nama yg diatas or adiknya mohon hubungi saya via fb di wisaksonoadhie@yahoo.con.
    Mudah2an ada yg bisa bantu cos selama ini sudah hampir 11 tahun hilang contact dengan desi. terimakasih

  50. regha on said:

    ehei ada tommi jepot di internet horeeeeeeeeeeee

  51. JENEPONTO I LOVE YOU FULL, BAPAK SAYA ORANG SAPANANG, TERKAHIR SAYA KEJENEPONTO TH 2009 DAN SEMPAT KE SAPANANG & KE BALLA LOMPOA KETEMU KAKAK TERCINTA KR.LIWANG, KENANGAN SAYA DISANA TDK AKAN TERLUPAKAN TERUTAMA COTO KUDA & BUAH TALA’ SALAM KANGEN UNTUK TURATEA INSYA ALLAH TAHUN INI KE JPT LAGI

  52. Sudharmono on said:

    Jeneponto Cayo!

  53. aku andi inggi..!!! pengen sekali nikmati suasana dan keindahan apa yang ada di jeneponto turatea kita, sia-sia rasanya hidup tanpa menikmati keindahan yang ada di turatea. Ayo buruan kita represin ke tempat yang begitu indah dan damai.

  54. fajar on said:

    jeneponto butta kalassukangku

  55. Kayaknya masih ada terlupakan, Je’ne-Je’ne Sappara ri Tarowang…
    Kayaknya nggak susah cari Jeneponto di dunia Maya, udah gampang kok dicari diinternet dengan kata kunci “Turatea, Jeneponto”

  56. jeneponto selalu ad d hatiku…i love jeneponto

  57. sandala cappi on said:

    mantap tawwa air terjunxa……

  58. Ichsan on said:

    Abbulo sibatang Accera sitongkatongka paentengi siri na pacce…jeneponto by putra turatea

  59. hidup turatea tetap sumngat…………….
    jangan biarkan biarkan kampung kita hanya membicarakan kkn aja.
    ok

  60. wahyu on said:

    Eroka ammoterek ri kampong ku

  61. Upic nagh tarowang on said:

    smarinda ratauanku, bugis makassar sukuku, ri turatea ku ni lassukang! tarowang kampongku, lapa’eja idolaku!
    ingin rasanya plang kmpung ke butta kalassukangku, menikmati ballo’ tala’na jeneponto!

  62. wahid peterpan on said:

    kapan kt bersatu tuk memperjuangkan melakukan sebuah pergerakan perubahan d jeneponto…???
    jeneponto skr kotor akan politik..
    jeneponto skr krisis pemimpin yg bijak…
    jeneponto skr pux baxak siluman…

    mana generasi muda jeneponto yg mampu merubah in smua???
    apakah anda mau malihat jeneponto begini trus-menerus??
    tdk malukah anda???

    APA GERAKANMU…………
    APA TINDAKANMU………..
    MANA ASPIRASIMU………

  63. DAENG RATE, SAMBONE2 on said:

    Duuuuuhh nakkuku rikampongku kodooong..

  64. u love jeneponto…

    istriku dr jeneponto….

  65. azmameymeynya Upinipinapan Berhasilberhasilhoree on said:

    daerahqu dr jeneponto…dan aku bangga menjadi putri jeneponto…

  66. JEKA :: Jeneponto Karaeng
    JEKA :: Jeneponto Kala’birangQ
    JEKA :: Jeneponto Kuda

  67. sahrul salassa on said:

    rindu sekali sy dgn kampung halamanku sy asli jenpot tepatnya bangkala barat desa banrimanurung

  68. sahrul salassa on said:

    walaupun sebagian orang bilang orang jenpot pa’bambangan natolo tp orang jentak masih punya adat keras yg tinggi yg turun temurun dr nenek buyut kita,tinggi martabat,tinggi budaya,tinggi sopan santun,tinggi adat istiadat,tinggi rasa kekeluargaan antar sesama,itulah yg sebenarnya orang jepot jg sampai sekarang bukan tolo biasa tp menjaga harga diri dan martabat.

  69. Ina Darmawati on said:

    BUtta Turatea kan slalu dihatiku…..

  70. xander valentino.. on said:

    salam bwt smua …di jeneponto..i’ll always love U…..spesial bwat yayangku disana….rindiantika indy bondeng…

  71. Taufik Akbar Hm on said:

    Walaupun Q berada di Ambon tp darahQ tidak bisa dibohongi.Saya anak Balpas,Tolo Timur,kelara,Jemeponto.

  72. Iccank on said:

    salam jeneponto….

  73. eroka motere rikampong kalassukangku,, sallangku ngase risaribattanga, dg kuasa di sambone2, dg jarre & dg sitori ripannara, dg ngai jg dg situju,, slm buat semua.

    by dg rate d TANGERANG, SERPONG, ALAM SUTERA..

  74. yang ingin berwisata kuliner di jeneponto tersedia COTO KUDA yang paling lain dari beragam kuliner yang ada dinusantara hmhm …….

  75. salam kenal titip promosi dan link yah dari makassar

    yang berminat jalan ke jeneponto dan butuh kendaraan rental dengan sopirnya
    hub kami 085342633633

    AMBASSADOR RENTAL

    http://rentalmobilmakassar.blogspot.com/

  76. appilajara’ baji-bajiko andi (generasi muda jeneponto), jangan mau ketinggalan, lebih baik miskin harta daripada miskin ilmu. ayo jeneponto, bangkitlah…. kamu pasti bisa makmur sama seperti daerah-daerah yang lain. tapi memang sangat dibutuhkan pemimpin yang mau berpikir dan berbuat untuk rakyat, bukan pemimpin yang hanya gila harta dan kedudukan. wahai saudara2ku sesama perantau… jangan merantau didaerahnya orang hanya jadi kuli/buruh kasar, tapi pilihlah pekerjaan yang bisa meningkatkan citra putra turatea. sekian dari saya. salam kenal dg. nyallang putra turatea (alamat: Borongtala-Arungkeke Pallantikang). sekarang tinggal di ternate (Maluku Utara).

  77. jeneponto bukan hanya bisa di juluki pa’bangbangan natolo di daeranya sendiri, tpi daerah lain pun seperti kalimantan jg begitu, sangin na eroka assitambaka,

  78. aqdank on said:

    nakkuka’ masa -masa indah dijepot….

  79. mski pun sdah lma akk gck k jneponto tpi jeneponto akn sllu d hti.k krna jeneponto adlah butta kalassukangku-
    i love u jeneponto

  80. bihhh, semanga’na komen jallink … hahahaha | Ana’ je’neponto yg tappela.

    salute je’neponto, saya saksi keindahan alamnya, lamami ndak pernah ke kassi’…

  81. wawank kalukuank on said:

    je’neponto rate tonji

    (JRT)

  82. a’bulo sibatang cera’ sitongka -tongka

  83. Adan Taufiq on said:

    Apajy polea punna teai ballo tala’na D roto… hehe

  84. Nhas on said:

    Hidup Turatea, mari Qt A’bulo Sibatang accera’ sitongka-tongka, Sirikaji napacce, slm orng Bngkala…

  85. Usri on said:

    I LOVE TURATEA

  86. romli on said:

    jika kita merasa butta turatea kalasukanta mari kita buat suatu perkumpulan untuk mencari cara memajukan kota jene ponto

  87. xxxx on said:

    klo tempat wisata yg baik di jeneponto.. ada di rumbia… suasananya dingin… banyak air terjunnya…

  88. hasna dg kebo on said:

    Jeneponto jeka. Lapa’ eja di Tarowang… semangatki utk memjukn Jenepnto.

    Hilangin juga tuh budaya sogok menyogok tiap ad pnerimaan CPNS.

  89. novie puspithasarii on said:

    semangat yahh buat jhepot.
    Khusus.y daerah togo togo

  90. PANASSSSSSSSSSSSSSSSSS

  91. DI RUMBIA BANYAK PESONA ALAM YANG MESTINYA JADI OBYEK WISATA KALAU MEMANG PEMDA SERIUS MEMPROMOSIKAN JENEPONTO

  92. irfan.dua empat on said:

    jeneponto kampong kalasukangku sdh 20thn merantau dikampong org tp tetap ku ingat klu ke pasar tolo singgahki mkn sop konro di warungx arsyad.

  93. Dhywa Putra SAdewa on said:

    meskipun jeneponto tak seindah jakarta
    tak seramai makassar
    SAYA TETAP BANGGA JDI ANAK JENEPONTO

    *TURATEA BSA TONJI*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 133 other followers

%d bloggers like this: