Sulawesi

Warna Warni Sulawesi

TEmpat-tempat Wisata di Kabupaten Bone

Secara geografi Kabupaten Bone terletak pada koordinat antara 4o 4’ 43” sampai 5o 8’ 45 ” Lintang Selatan dan 119o 49’ 3” sampai 112o 25’ 9” Bujur Timur.
Batas-batas Wilayah
>> Sebelah Utara : Kabupaten Wajo dan Soppeng
>> Sebelah Selatan : Kabupaten Sinjai dan Gowa
>> Sebelah Barat : Kabupaten Maros, Pangkep dan Barru.
>> Sebelah Timur : Teluk Bone.

________________________________________________

1. Kuburan Raja2 Watampone
Penghancuran dalam beberapa kali serangan ke ibukota Watampone tidak memberi kesempatan dan hancurnya berbagai kepentingan sejarah, terkecuali tersisa sekeping dinding salah satu kantor yang berwarna-warni sebagai sebagian istana Bone di abad ke 19 Masehi. Museum yang terletak di sudut jalanan utama sangat penting untuk di kunjungi untuk melihat regalia dari kesultanan Bone. Kompleks kuburan raja-raja dengan tipe kuburan raja Gowa terdapat di Bukaka jalan menuju ke Sengkang. Sekitar 4 kilometer arah timur dari kota terletak pelabuhan Bajoe, nama ini di ambil dari nama Bajo orang perahu yang tinggal hidup di perahu terlihat di berbagai pelosok Nusantara. Dari Bajoe orang dapat naik fery ke Kolaka di Sulawesi Tenggara.

_________________________________________

2. Goa Mampu
Goa yang terbesar dan yang sangat spektakuler dari jajaran goa kapur di Sulawesi Selatan. Ceritera legenda bersama dengan hilangnya kerajaan Mampu, menjadikan James Brooke telah sangat penasaran oleh ceritera kerajaan Mampu tersebut dan ia telah berusaha dengan sekaut tenaga mencapai goa itu di tahun 1840. Dia sangat kecewa akan tetapi dia sangat mengakui kehebatan dan kecantikan dari goa tersebut.
Wisata Alam Bersejarah Kab. Bone:
Goa Mampu di Desa Cabbeng Kecamatan Dua BoccoE
Goa Janci di Desa Mallari Kecamatan Awangpone
Tempat Peraduan Arung Palakka dalam Goa di Kecamatan Awangpone
Sektor Pariwisata terdiri dari Objek Wisata Alam dan Objek Wisata Budaya Objek Wisata Alam terdiri dari : Tanjung Palete, Dermaga Bajoe, Perwakilan Naga Uleng, Gua Jepang dan Gua Janci, Permandian Alam Lanca Otting, Air Terjun Baruttunge Ladenring serta Permandian Alam Siduppa Matae sedangkan objek Wisata Budaya terdiri dari : Mesium lapawawoi, Bola Soloa, Bukit Manurunge di Matajang, Makam Kalokkoe, dan Makam Letata Makarame dan lain-lain.

____________________________________________

Dari Berbagai Sumber

About these ads

Single Post Navigation

24 thoughts on “TEmpat-tempat Wisata di Kabupaten Bone

  1. sultan on said:

    kenapa sich cuma kuburan raja2 bone ama gowa mampu yang di posting..realitanya masih bukan cuma itu aja yang ada tapi masih banyak lagi

  2. Kalau bisa di.Tampilkan lokasi pariwisata alamnya biar para pengunjung yang sedang online makin semangat bro…!

  3. Sebenarnya ada tradisi kita dulu yang sarat potensi wisata yaitu pesta panen di Pappolo antara lain mappere, mallanca, massempe dan mappadekko, semua pintu rumah terbuka bagi siapa saja minimal ada menu gambang (tape) di tiap rumah.

  4. klo bsa.tari2an yg ad di kususx di bone.di tampiLkn n di terbitkan di seluruh dunia,agar seluruh orang tau ,klo bone pux seni yg etnis.

  5. masih kurang tuh bro..pantai kering,pantai tete`,tanjung pallette..and many others..nice inpo..keep posting

  6. Asalamu alaikum,

    Boleh saya bertanya pertanyaan ini sudah lama saya pendam tapi suatu saat akan terjawab juga.

    Nama : Susanti dj Tolo,SE
    Menurut cerita ayahku,Kakekku orang dari Selatan yang datang pertama kali di Gorontalo dengan bukti Kapal laut yang mereka Tumpaggi sekarang membentuk sebuah batu besar di Desa Padebuolo.Yang mau saya tanyakan adakah marga Tolo atau Beu di Makassar atau Jeneponto tolong di jawab lewat email saya ok.

  7. My opinion…… itu udah lebih dari cukup,,,,,, yang terpenting kita bisa melestarikan kekayaan budaya kab.Bone. Bukan cuma keluarin koment aja…….^_^

  8. supriyadi on said:

    saya orang bugis bone dan lahir jg di bone namun sy besar di kampug org,kemrin liburan dan tahun baru sy plg ke bone sy sempat jalan2 ke cappa palette,indah sekali pemandangannya tdk kalah tempat wisata pantai yg lain tp sayang kurang promosi dan kurangnya acara yg bersifat daerah seperti;tarian2 daerah atau acara yg mencerminkan asli daerah bugis bone agar menarik wisata berkunjung ke daerah kita seprti daerah lain

  9. Andi Yudhi on said:

    saya anak asli keturunan Raja Bone tapi jujur sampai sekarang saya belum tahu asal – usul dan belum sekali pun menginjak kan kaki di tanah luhur nenek moyang…..

  10. zoel_chiefly on said:

    thankz’ya…artikelx sangat membantu….

  11. laphazolleee on said:

    mantappp…. bagusna kampungku,,,,,
    klw bisa nama2 pejabat yang dari bone juga diposting spy org pada tau, bone bisa tonji saingi tau jawa…

  12. there’re many interesting place in Bone regency..but, most of people is not realize them.

  13. coba ditampilkan juga sai kaluppang dan liu kabbetting riawae, lawirae.

  14. Sabaruddin muda on said:

    Kabupaten Bone adalah adalah pusat kebudayaan suku bugis yg trsbar d seluruh kep.nusantara.Tapi sbgai ktrunan bugis sya sngat KECEWA mlhat prkembangan kbudyaan yG mnurut sy krang dprhatikan.Kebdyaan bugis hya terkenal lewat penerapan para perantau yg tlah tnggal mnetap d brbagai pulau nsntara.Bagi mereka prinsip “mate ana’ temmate ade” masih mlkat dlm khdupan mreka dan anehnya apabila merka mudik kdang membuat mreka tdak hbis pkir ,kenapa negri asal kbudayaan Bugis tersebut malah begitu asing bgi orang Bone sendri. PmrNTAH seakan kurang pduli dngan plstariaannya,setidaknya itu yg sya lihat skarang dan mndengar langsung dari para perantau kturunan bugis dari brbagai tmpat perantauan.
    Adat Istiadat merupakan ciri khas dari suatu kebudayaan sehingga bisa dpandang,dlihat,drasakan dan dketahui keberadaanya.Lihat saja pada orang jawa yang memperkenalkan kberadaannya dengan melestarikan kerajinan batik/pakaian daerah,pergelaran tari daerah,pelestarian alat”kesenian,pengenalan masakan khas,penggunaan kata “monggo,mas”dll.Pada orang Malayu pengenalan pakaiam,cerita @dongen masyarakat,tari”an,penggunaan kata “macik pacik”menbuktikan keberadaan mereka.Adat istiadat Bugis tdak kalah indah dri kbudayaan lain di Indonesia sprti jawa,melayu,sunda dan lainya.Dan itu saya lihat perbandingannya dngan mlhat tman yg brasal dari sku lain.Apalagi prinsip hidup “Maalii siparappe,Rebba sipatokkong,Mallilu sipakainge” smakin membuat sy bngga bsa dlahirkan dri orang bugis.
    Melihat kenyataan yg trjadi di ranah Bone skarang ini,dimana masyarakat malu untuk berkata “iyye'”apakah orang lain akan PERCAYA kalau “BONE BUGIS ASLI”.????????

  15. Tawwa bone die..

  16. Palette jg dech..

  17. bone mank the best pengen ksana euyyy

  18. NUAH on said:

    hebat dan indah wanuaku BONE

  19. La Yoga on said:

    Ayo kita diskusikan ttg Bone di milis bugisBONE@yahoogroups.com

  20. bgainma cra ,,spaya kubudaya bugis bone bisa di kenal

  21. Buat dinas pariwisata kab bone mohon jg dikunjungi wilayah kec ponre,

  22. Bugis BONE koe . . .
    Semangat buat Wanuaku Bone

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 133 other followers

%d bloggers like this: